Farmasi UGM Selenggarakan Workshop Hands On Analisis Kadar Obat dengan LCMS/MS

Farmasi UGM – Fakultas Farmasi Universitas Gadjah Mada (UGM) bekerjasama dengan PT Merck Indonesia telah menyelenggarakan acara Workshop Hands On Analisis Kadar Obat dengan LCMS/MS yang dilaksanakan selama dua hari mulai tanggal 15 sampai 16 Maret 2023. Hari pertama workshop dilaksanakan secara daring melalui Zoom Meeting dan luring pada hari kedua di Lab Advanced Pharmaceitical Science (APS) Fakultas Farmasi UGM.

Dekan Fakultas Farmasi UGM, Prof. Dr. apt. Satibi, M.Si dalam sambutannya menyampaikan bahwa Fakultas Farmasi terus berupaya untuk selalu melakukan peningkatan kapasitas sumber daya manusia di Indonesia, salah satunya adalah meningkatkan skill kaitannya dengan analisis kadar obat yang sangat dibutuhkan oleh masyarakat industri farmasi. Dalam hal ini Fakultas Farmasi memiliki fasilitas pendukung salah satunya adalah lab APS.

“Lab APS sudah kita rancang cukup lama dan harapannya bermanfaat untuk mendukung tri dharma perguruan tinggi. Kita membuka diri untuk melakukan pelatihan dan ini selalu kita lakukan secara rutin, continous improvement dan juga kerjasama dengan berbagai industri.” ungkap Satibi.

Hari pertama pelaksanaan workshop diisi dengan materi terkait pengantar LCMS/MS yang disampaikan oleh Dr.rer.nat.apt. Siti Nurul Hidayah, M.Sc. Materi kedua disampaikan oleh Prof. Dr.rer.nat.apt. Endang Lukitaningsih, M.Si. mengenai Pengembangan dan Validasi Metode Analisis dan pemateri terakhir yaitu Fani Jamal Kamal dari PT Merck Indonesia yang membawakan materi mengenai Pemilihan Kolom, solven dan reagen untuk analisis obat dengan LCMS/MS.

Pelaksanaan workshop hari kedua diisi dengan Hands On Preparasi Sampel, Pemutaran video perawatan LCMS/MS, dan diakhiri dengan Analisis Data, Review dan Pembagian Doorprize. Acara berlangsung lancar dan peserta antusias untuk mengikuti sesi diskusi dan workshop selama dua hari. Acara kemudian ditutup oleh Wakil Dekan Bidang Penelitian, Pengabdian Kepada Masyarakat, Kerja Sama dan Alumni Dr.rer.nat. Nanang Fakhrudin, M.Si. (Humas FA)

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

*